Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
7 Tips Mencegah Sebum Wajah yang Berlebih

7 Tips Mencegah Sebum Wajah yang Berlebih

Expert Tips 20 Jun 2023

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kulit, terutama di area wajah dan kulit kepala. Sebenarnya, sebum berfungsi melindungi kulit dari infeksi bakteri dan jamur. Selain itu, sebum juga bertugas menjaga kelembapan kulit.

Namun, produksi sebum yang berlebih justru akan memicu masalah kulit, seperti komedo dan jerawat. Nah, bagaimana cara mengendalikan kadar sebum wajah yang berlebih? Yuk, cari tahu!

Penyebab Sebum di Wajah yang Berlebih

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan produksi sebum berlebih, baik itu dari dalam tubuh maupun dari luar. Berikut adalah beberapa penyebab yang paling umum ditemukan:

1. Faktor gen dan hormon

Beberapa orang punya kecenderungan untuk memproduksi sebum lebih banyak karena mereka memiliki kelenjar sebaceous yang lebih besar. Kondisi ini diturunkan melalui gen. Selain faktor genetika, produksi sebum juga dipengaruhi oleh perubahan hormon. Pubertas atau menstruasi dapat menyebabkan hormon berubah dan mengganggu produksi sebum.

2. Salah menggunakan produk kecantikan

Penyebab produksi sebum berlebih pun bisa datang dari luar. Salah satunya adalah karena salah memilih produk kecantikan (baik itu skincare maupun makeup). Beberapa jenis produk dapat menghilangkan minyak alami pada wajah yang kemudian memicu kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak sebum.

5 Cara Mengontrol Kadar Sebum Wajah

Buat kamu yang sedang mengalami produksi sebum berlebih pada wajah, bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Cuci muka dua kali sehari

Untuk mengendalikan kadar minyak pada wajah, cuci muka dua kali sehari. Bersihkan wajah di pagi hari sebelum beraktivitas dan di malam hari sebelum pergi tidur. Gunakan produk pembersih untuk oily skin agar produksi minyak tetap terkontrol.

2. Pilih produk non-comedogenic

Dalam memilih produk skincare maupun makeup, selalu hindari produk comedogenic dan oil-based. Keduanya akan membuat produksi sebum pada wajah menjadi berlebih dan bahkan menimbulkan masalah baru, seperti komedo dan jerawat.

Pilihlah produk skincare dan makeup dengan label non-comedogenic atau oil-free. Kamu juga sebaiknya menghindari bahan-bahan oklusif seperti petroleum jelly karena dapat menyumbat pori-pori dan mengganggu produksi minyak.

3. Gunakan skincare yang mengandung Niacinamide

Niacinamide sebenarnya merupakan salah satu vitamin B3. Kandungan ini akan membantu kulit dalam memproduksi lipid untuk mempertahankan kelembapan. Tidak hanya itu, niacinamide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous.

Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat niacinamide untuk kulit dengan Dermies Clear Me Acne Care Toner. Daily toner ini mengandung kombinasi salicylic acid, zinc gluconate, dan niacinamide yang ampuh mengurangi minyak berlebih tanpa menghilangkan hidrasi kulit.

Untuk hasil terbaik, kamu bisa aplikasikan toner dengan Chizu Saeki Method, yaitu mengompres wajah menggunakan kapas yang sudah direndam toner. Aplikasikan kapas pada wajah seperti menggunakan sheet mask dan diamkan selama 2-3 menit.

4. Eksfoliasi dengan toner yang lembut

Kamu bisa menggunakan toner yang lembut untuk mengangkat kelebihan sebum pada wajah. Salah satu kandungan yang cocok untuk eksfoliasi kulit berminyak adalah salicylic acid. Bahan aktif ini dapat mengangkat kelebihan minyak sekaligus sel-sel kulit mati dan kotoran, lho!

5. Selalu pakai tabir surya

Untuk mengontrol produksi sebum wajah, jangan lupa gunakan tabir surya. Kamu bisa pilih tipe gel yang mudah meresap dan tidak menyumbat pori-pori. Jadi, produksi sebum pun tetap terkontrol. Hindari mineral sunscreen dengan kandungan mineral sebagai bahan aktif karena sulit diserap kulit berminyak dan bisa memicu penyumbatan pori-pori.

 

Perlu diingat, mengontrol sebum wajah bukan berarti menghapus minyak alami di kulit sampai habis. Bagaimanapun juga, sebum tetap diperlukan untuk melindungi kulitmu. Jadi, pilihlah produk perawatan kulit yang aman dan diformulasikan secara khusus untuk kulit berminyak atau acne-prone, seperti Dermies Clear Me Acne Care Toner!

Dengan kombinasi Salicylic Acid, Zinc Gluconate, dan Niacinamide, Dermies Clear Me Acne Care Toner ampuh mengurangi minyak berlebih sekaligus merawat kulit yang berjerawat tanpa menghilangkan hidrasi kulit. Yuk, kontrol sebum di wajah dengan Dermies Clear Me Acne Care Toner!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga