Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
Apakah body serum bisa digunakan untuk wajah

Apakah Body Serum bisa Digunakan untuk Wajah? Yuk Cari Jawabannya!

New Product 05 Dec 2023

Nggak hanya body lotion, sekarang ada juga body serum yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit tubuh kita. Serum memang identik dengan perawatan wajah, tapi body serum juga punya banyak manfaat yang luar biasa.

Namun mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu body serum? Bagaimana cara menggunakannya? Dan apakah body serum bisa digunakan untuk wajah? Nah, untuk menemukan jawabannya, baca artikel ini hingga selesai, ya.

Apa itu Body Serum?

Body serum adalah produk perawatan tubuh yang ditargetkan untuk merawat kulit dengan lebih intensif dibanding body lotion atau body cream. Umumnya, body serum memiliki formula yang ringan, mudah menyerap, dan dapat mengandung bahan-bahan aktif untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu.

Berbeda dengan body lotion atau body creambody serum dapat menyerap jauh ke dalam kulit sehingga dapat memberikan perawatan yang lebih intensif.

Manfaat Body Serum

  1. Memberikan hidrasi ekstra

Body serum umumnya diperkaya dengan bahan-bahan untuk menghidrasi kulit, seperti hyaluronic acid, gliserin, atau ekstrak tumbuh-tumbuhan. 

Kandungan-kandungan ini dapat berguna untuk mengembalikan dan meningkatkan kelembapan serta menguncinya agar tidak hilang, sehingga kulit tampak lebih sehat dan terhidrasi.

  1. Mengencangkan kulit

Selain menghidrasi, manfaat body serum lainnya adalah membantu mengencangkan kulit. Hal ini bisa terjadi bila body serum mengandung bahan seperti kolagen, peptide, atau vitamin C yang bisa mendorong produksi kolagen, sehingga kulit bisa lebih elastis dan tampak lebih muda.

  1. Membuat kulit lebih cerah

Beberapa body serum juga mengandung bahan untuk mencerahkan kulit, seperti Vitamin C, niacinamide, atau alpha-arbutin, yang dapat membantu mencerahkan noda-noda gelap, hiperpigmentasi, dan meratakan warna kulit.

  1. Memperbaiki kesehatan kulit

Umumnya, body serum dibuat untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu, seperti stretch marks, hiperpigmentasi, iritasi, dan lain sebagainya. Karena itu, manfaat body serum sangat berguna untuk melawan masalah-masalah kulit yang kerap muncul di tubuhmu dan mencegah mereka untuk datang kembali.

Cara Menggunakan Body Serum

  1. Persiapkan kulit

Sebelum menggunakan body serum, pastikan kulit sudah kering dan bersih. Bila perlu, lakukan eksfoliasi terlebih dahulu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga serum dapat menyerap lebih baik.

  1. Aplikasikan sesuai anjuran

Cara menggunakan body serum yang kedua adalah dengan mengaplikasikannya sesuai takaran yang dianjurkan. Setelah itu, pijat serum secara perlahan dengan gerakan memutar untuk membantu penyerapan serum ke dalam kulit.

  1. Lanjutkan dengan pelembap

Walau serum memang lebih intens, mereka bukanlah pengganti pelembap. Maka dari itu, kamu masih perlu menggunakan pelembap setelah memakai body serum. Pelembap yang kamu gunakan bisa berupa body lotion atau body cream.

  1. Lakukan secara konsisten

Cara menggunakan body serum yang terakhir adalah lakukan secara konsisten agar hasilnya bisa optimal. Memang, serum membutuhkan waktu untuk bekerja, namun penggunaan yang konsisten bisa memberikan perubahan yang signifikan pada kulit.

Apakah body serum bisa digunakan untuk wajah?

Mungkin kamu bertanya-tanya apakah body serum bisa digunakan untuk wajah. Pertanyaan ini sebenarnya cukup umum. Walau formulasi body serum dan serum wajah cukup berbeda, ada saat-saat di mana body serum bisa digunakan di wajah, yaitu:

  1. Bahan-bahan

Perhatikanlah daftar bahan-bahan yang digunakan pada body serum. Jika serum tersebut mengandung bahan yang umum digunakan dalam serum wajah, seperti hyaluronic acid, Vitamin C, atau peptide, maka kemungkinan body serum tersebut bisa digunakan untuk wajah.

  1. Sensitivitas kulit

Kulit wajah lebih halus daripada kulit tubuh. Jika kamu memiliki kulit sensitif, lakukan patch test terlebih dulu pada area kecil di wajah untuk memastikan agar serum tersebut tidak menimbulkan iritasi.

  1. Bahan-bahan

Perhatikanlah daftar bahan-bahan yang digunakan pada body serum. Jika serum tersebut mengandung bahan yang umum digunakan dalam serum wajah, seperti hyaluronic acid, Vitamin C, atau peptide, maka kemungkinan body serum tersebut bisa digunakan untuk wajah.

  1. Tekstur

Body serum kemungkinan memiliki tekstur atau formulasi yang berbeda dengan serum wajah. Jika body serum terasa terlalu berat atau meninggalkan banyak residu, sebaiknya gunakan body serum tersebut di area tubuh saja.

  1. Kegunaan

Pertimbangkan juga kegunaan body serum tersebut. Apabila body serum tersebut berguna untuk mengatasi masalah kulit yang cocok untuk kulit tubuh dan kulit wajah, seperti menghidrasi dan mencerahkan, maka body serum kemungkinan dapat kamu gunakan di wajah.

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya kamu sudah menemukan jawabanmu, bukan? Manfaat body serum memang beragam dan pada kondisi tertentu, body serum dapat digunakan juga untuk wajah.

Namun, pastikan kamu menggunakannya dengan benar untuk menghindari potensi iritasi atau masalah kulit lainnya.

Alternatifnya, kamu juga bisa coba Joy Mangosteen Body Lotion dari Naturally Speaking by ERHA! Lotion yang terbuat dari ekstrak manggis ini juga mengandung niacinamide dan gliserin sehingga dapat menghidrasi dan mencerahkan kulit agar tampak lebih sehat berseri!

Yuk, beli produknya sekarang!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga