Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
apakah exfoliating bisa menghilangkan bekas jerawat

Exfoliating Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat? Cek Faktanya di Sini!

New Product 25 Mar 2024

Jerawat seringkali meninggalkan bekas yang dapat mengganggu penampilan kulit wajah. Banyak orang mencari solusi efektif untuk mengatasi jerawat dan salah satu cara yang cukup populer adalah dengan eksfoliasi.

Walau begitu, apakah eksfoliasi bisa menghilangkan bekas jerawat? Yuk, baca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang fakta-faktanya, serta cara eksfoliasi yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat!

Apa itu Eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti scrub gula atau garam, atau dengan produk eksfoliasi khusus yang mengandung bahan kimia tertentu, seperti salicylic acid atau glycolic acid.

Apakah Exfoliating Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat?

Eksfoliasi memang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, tetapi hasilnya dapat bervariasi tergantung pada jenis bekas jerawat dan metode eksfoliasi yang digunakan. 

Berikut adalah beberapa cara di mana exfoliating dapat menghilangkan bekas jerawat:

1. Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, meratakan tekstur kulit dan memudarkan noda bekas jerawat.

2. Stimulasi Regenerasi Kulit

Eksfoliasi merangsang regenerasi sel-sel kulit baru. Karenanya, proses eksfoliasi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan menggantikan sel-sel kulit yang rusak, termasuk yang terdampak oleh bekas jerawat.

3. Meningkatkan Penyerapan Produk Perawatan Kulit

Dengan menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati, eksfoliasi dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya, seperti serum atau krim pencerah, yang dapat membantu mempercepat proses pemudaran bekas jerawat.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bekas jerawat sama, dan tidak semua metode eksfoliasi cocok untuk setiap jenis kulit. 

Terdapat dua jenis eksfoliasi utama: scrub dan kimia. Eksfoliasi dengan scrub, atau scrubbing, menggunakan butiran halus atau sikat untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara eksfoliasi kimia menggunakan asam untuk melarutkan sel-sel kulit mati. Pilihan eksfoliasi yang tepat tergantung pada sensitivitas kulit dan jenis bekas jerawat.

Cara Eksfoliasi yang Benar untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Pilih Jenis Eksfoliasi yang Tepat

Kamu sudah tahu bahwa eksfoliasi terdiri dari dua jenis, yaitu scrub dan kimia. Kedua jenis eksfoliasi ini sama-sama dapat mengangkat sel kulit mati, namun kamu harus memilih jenis yang sesuai dengan tipe kulitmu.

Misalnya, kulit yang sensitif atau berjerawat kemungkinan besar akan lebih cocok bila menggunakan eksfoliasi kimia. Selain itu, pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau enzim buah. Produk ini efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati tanpa merusak kulit.

2. Tentukan Frekuensi Eksfoliasi

Eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Terlalu sering eksfoliasi dapat menyebabkan iritasi dan merusak lapisan pelindung kulit. Untuk pemakaian umum, lakukan eksfoliasi 1-3 kali seminggu, tergantung pada jenis produk dan kebutuhan kulitmu.

3. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan wajahmu sudah bersih dari kotoran, minyak, dan makeup. Pembersih wajah yang lembut dapat membantu membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit untuk menerima manfaat eksfoliasi.

4. Hindari Area Sensitif

Hindari daerah kulit yang lebih sensitif seperti area mata dan bibir. Gunakan gerakan melingkar dan hindari tekanan yang berlebihan untuk menghindari iritasi. Leher dan dada juga dapat mendapatkan manfaat dari eksfoliasi, tetapi lakukan dengan hati-hati.

5. Jaga Kelembapan Kulit

Setelah eksfoliasi, penting untuk menghidrasi kulit dengan menggunakan pelembap. Eksfoliasi dapat membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap kekeringan, dan pelembap membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit.

6. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Setelah eksfoliasi, kulit dapat menjadi lebih rentan terhadap sinar UV. Oleh karena itu, selalu gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Dengan pemilihan produk dan cara yang tepat, eksfoliasi dapat menjadi bagian yang bermanfaat dari rutinitas perawatan kulit untuk mengatasi bekas jerawat dan meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan.

Rekomendasi Skincare untuk Eksfoliasi

Mencari rekomendasi produk eksfoliasi terbaik? Bila ya, kamu bisa coba Cleanser Scrub Facial Wash dari Clear Me by ERHA! Pembersih wajah ini dilengkapi dengan bulir-bulir scrub halus dan bahan-bahan seperti salicylic acid dan lactic acid yang dapat membersihkan dan mencerahkan wajah, sekaligus menghilangkan bekas jerawat.

Atau, kalau kamu mencari rekomendasi eksfoliasi kimia, kamu bisa pakai Fade Acne Marks Serum dari Clear Me by ERHA! Mengandung niacinamide dan tranexamic acid serta eksfolian seperti AHA & BHA serta salicylic acid, serum ini dapat berfungsi ganda sebagai eksfolian yang mengangkat sel kulit mati, sekaligus membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat.

Tunggu apalagi? Yuk, beli produknya sekarang!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga