Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
insecure

Insecure dengan Kulit Berjerawat? Terapkan Skincare Routine Ini!

Expert Tips 20 Jun 2023

Merawat kulit berjerawat butuh tahapan yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan skin type lainnya. Hal ini karena jerawat disebabkan oleh kombinasi dari sebum berlebih dan bakteri. Lalu, seperti apa skincare routine yang tepat untuk kulit berjerawat?

Tips Perawatan Skincare untuk Kulit Berjerawat

Sebelum mulai perawatan, kamu harus teliti saat memilih semua produk yang digunakan pada kulit (termasuk makeup). Pilihlah produk dengan label non-comedogenic, non-acne, atau oil-free. Label tersebut menandakan bahwa produk tidak mengandung bahan penyebab jerawat. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti skincare routine untuk kulit berjerawat berikut ini:

1. Biasakan double cleansing

Double cleansing adalah cara membersihkan wajah dalam dua tahapan. Cara ini efektif mengangkat kotoran yang menempel pada wajah. Biasakan melakukan double cleansing, terutama setelah kamu beraktivitas di luar ruangan atau setelah mengenakan makeup.

Double cleansing bisa dimulai dengan micellar water atau oil cleanser. Selanjutnya, kamu bisa cuci muka dengan facial wash untuk kulit berjerawat.

2. Pilih facial wash yang pas untuk kulit

Untuk tipe acne skin, kamu disarankan memilih jenis foam. Dengan tekstur yang lembut, facial foam tidak memicu reaksi iritasi pada kulit, tapi tetap ampuh mengangkat kelebihan minyak.

Saat cuci muka, lakukan pijatan dengan lembut. Ambil produk facial foam dan busakan pada tangan. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar. Bilas dengan air dan keringkan wajah menggunakan kain bersih yang lembut.

3. Aplikasikan toner pada wajah

Untuk mengembalikan pH wajah setelah cuci muka, jangan lupa aplikasikan toner. Khusus untuk wajah berjerawat, pilih toner dengan kandungan salicylic acid. Kandungan ini akan membantu mengangkat kotoran yang tidak terangkat saat cuci muka. Tap tap toner dengan lembut pada wajah dengan kapas bersih. Kamu juga bisa mendiamkannya beberapa saat agar zat aktif pada toner bekerja efektif.

Sebagai alternatif, kamu bisa menjadikan toner sebagai kompres jerawat, lho. Caranya, basahi kapas tipis dengan toner. Selanjutnya, tempelkan kapas yang sudah dibasahi toner pada area yang berjerawat. Diamkan selama 2-3 menit sebelum move ke tahapan skincare routine selanjutnya. Meski simpel, cara ini ampuh untuk meredakan gejala iritasi akibat jerawat.

4. Sebisa mungkin hindari scrub wajah

Jerawat pada kulit wajah sebenarnya merupakan sebuah reaksi iritasi. Nah, penggunaan scrub pada wajah yang berjerawat justru akan memperparah iritasi dan membuat penyembuhan jerawat makin lama. Untuk itu, sebisa mungkin hindari scrub wajah dan produk-produk skincare yang memiliki butiran scrub di dalamnya.

5. Jaga kelembapan wajah dengan moisturizer

Penggunaan moisturizer akan membantu menjaga keseimbangan produksi minyak kulit (sebum). Untuk mencegah jerawat bertambah parah, pilihlah moisturizer dengan label non-comedogenic yang bebas minyak. Kamu juga bisa memilih produk moisturizer yang mengandung salicylic acid untuk mempercepat penyembuhan jerawat.

6. Lindungi wajah dengan sunscreen

Sunscreen adalah langkah penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Buat kamu pemilik kulit berjerawat, pilihlah sunscreen yang tidak akan menyumbat pori-pori.

Kamu bisa memilih sunscreen tipe physical atau mineral yang tidak menimbulkan reaksi iritasi pada kulit. Hindari tipe chemical sunscreen karena dapat memicu iritasi pada kulit yang berjerawat.

Selalu aplikasikan sunscreen pada pagi hari sebelum beraktivitas, terutama jika kegiatanmu lebih banyak di luar ruangan. Re-apply setelah skincare terasa luntur karena keringat. Cara ini akan membuat kulitmu terlindungi sepanjang hari.

7. Gunakan obat jerawat

Penyembuhan jerawat bakal lebih cepat dengan acne spot care atau obat jerawat. Ini adalah jenis produk skincare yang diaplikasikan langsung pada jerawat. Biasanya, obat jerawat mengandung salicylic acid, azelaic acid, atau benzoyl peroxide. Aplikasikan obat pada area yang berjerawat di malam hari untuk hasil yang optimal.

Sebelum menggunakan obat jerawat, pastikan kulit sudah benar-benar bersih dari kotoran maupun minyak berlebih. Sebab, kotoran akan menghalangi produk bekerja secara efektif pada jerawat. Obat jerawat juga harus diaplikasikan secara teratur untuk mempercepat proses healing jerawat.

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berjerawat

Masih belum menemukan produk skincare yang pas untuk kulit berjerawat? Kamu bisa mulai mencari produk skincare dengan bahan aktif yang ampuh membasmi jerawat, seperti salicylic acid. Pastikan produk pilihanmu juga mengandung bahan anti-inflamasi agar jerawat tidak meradang.

Semuanya bisa kamu temukan pada Dermies Clear Me Spot Care. Produk acne spot care ini mengandung Salicylic Acid yang bakal menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sudah diperkaya bahan anti-inflamasi dan soothing agents, Dermies Clear Me Spot Care dapat meredakan gejala iritasi sekaligus menenangkan kulit yang berjerawat, lho!

 

Kamu tidak perlu insecure lagi dengan kulit berjerawat karena dengan skincare routine yang tepat, jerawat pun cepat reda. Untuk proses healing jerawat yang lebih cepat, kamu bisa pakai Dermies Clear Me Spot Care. Dengan kandungan Salicylic Acid, Gluconolactone, dan bahan anti-inflamasi, kamu bisa basmi jerawat tepat sasaran!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga