Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat!

Jangan Khawatir, Ini 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat!

Expert Tips 20 Jun 2023

Pastinya kamu senang kalau jerawat sudah menghilang dari wajah. Namun, kadang setelah itu justru muncul masalah baru: bekas jerawat. Dari jerawat yang sudah kempes kemudian muncul bekas berwarna kemerahan (post-inflammatory erythema) atau kehitaman (post-inflammatory hyperpigmentation). Tenang aja, tidak perlu minder karena ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba. Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini!

Penyebab Munculnya Bekas Jerawat

Saat kulit berjerawat, muncul reaksi peradangan. Ini membuat pembuluh darah pada kulit melebar. Umumnya, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ada kalanya pembuluh darah tidak kembali normal setelah peradangan berhenti hingga akhirnya muncul bekas kemerahan.

Pada beberapa kasus lain, jerawat menyebabkan kerusakan pada sel keratinosit basal yang kemudian membuat produksi melanin berlebih. Biasanya, hal ini terjadi saat kamu memencet jerawat. Akibatnya, jerawat meninggalkan bekas kehitaman pada kulit.

7 Tips untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Lalu, adakah cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh? Apa saja yang harus dilakukan agar kulit sehat kembali? Kamu bisa ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Gunakan moisturizer secara rutin

Moisturizer adalah basic skincare yang pantang dilewatkan. Rajin menggunakan moisturizer akan menjaga kelembapan kulit. Pilihlah moisturizer dengan efek menenangkan (soothing effect) untuk mengurangi reaksi peradangan akibat jerawat. Pastikan juga moisturizer yang kamu pilih sesuai dengan skin type agar produksi sebum pada wajah tetap terkontrol.

2. Pertimbangkan chemical peeling

Untuk bekas jerawat yang tak kunjung hilang, kamu bisa mempertimbangkan chemical peeling. Sederhananya, ini adalah metode perawatan yang akan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Chemical peeling juga mendorong regenerasi sel-sel kulit sehingga bekas jerawat pun lebih cepat pudar. Kamu bisa melakukan chemical peeling dengan produk skincare yang mengandung AHA (alpha hydroxy acid) atau BHA (beta hydroxy acid).

3. Oleskan lidah buaya

Ada juga alternatif perawatan dengan bahan alami, salah satunya adalah dengan lidah buaya. Dalam lidah buaya, terkandung aloesin yang dapat membantu mengatasi hyperpigmentation karena jerawat. Selain itu, lidah buaya juga merupakan bahan anti-peradangan alami.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya pun mudah. Cukup campurkan lidah buaya dengan perasan lemon dan air. Oleskan pada area yang berbekas dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Lakukan tiga kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

4. Buatlah masker alami dari madu

Selain lidah buaya, madu juga merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengatasi masalah bekas jerawat. Ini karena madu memiliki sifat anti-bakteri sekaligus anti-inflamasi.

Untuk meredakan jerawat yang membekas, gunakan madu murni sebagai masker wajah. Oleskan madu ke seluruh bagian wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Campurkan soda kue dengan air

Di dalam soda kue, terkandung sodium bicarbonate. Kandungan ini efektif mengangkat sel-sel kulit mati. Jadi, regenerasi sel yang akan memudarkan bekas jerawat pun bisa lebih cepat terjadi. Kamu cukup mencampurkan dua sendok teh soda kue dengan air bersih. Oleskan campuran tersebut pada area wajah yang berbekas. Diamkan hingga tiga menit dan kemudian bilas wajah.

6. Manfaatkan vitamin C alami lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang dapat memudarkan bekas jerawat. Maka, jangan heran kalau banyak produk skincare yang memiliki kandungan ekstrak lemon di dalamnya. Namun, lemon juga punya kandungan citric acid tinggi yang bisa menimbulkan iritasi pada wajah. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, tidak disarankan menggunakan treatment dengan lemon ini.

Untuk tetap mendapatkan manfaat lemon, kamu bisa melarutkan perasan lemon dengan air. Cara ini akan menurunkan kandungan asam pada lemon dan mengurangi risiko iritasi. Setelah itu, oleskan larutan air lemon pada bekas jerawat dengan cotton bud dan diamkan hingga mengering.

7. Gunakan serum khusus bekas jerawat

Beberapa jenis produk skincare bisa memberi efek yang optimal untuk memudarkan bekas jerawat. Salah satu produk tersebut adalah serum. Dengan kandungan yang tepat, serum akan membuat kulitmu lebih cepat pulih. Lalu, apa saja kandungan serum yang bisa mempercepat pemulihan?

Kamu bisa pilih serum yang mengandung Niacinamide atau Salicylic Acid, seperti Dermies Clear Me Fade Acne Marks Serum. Dengan kandungan kombinasi Niacinamide dan Tranexamic Acid, serum ini efektif menyamarkan noda bekas jerawat. Ditambah kandungan kombinasi AHA & BHA, ampuh mempercepat hilangnya noda hitam bekas jerawat. Dengan kandungan Salicylic Acid, yang berfungsi sebagai Antibakterial untuk menghambat pertumbuhan bakteri, Dermies Clear Me Fade Acne Marks Serum ampuh mencegah jerawat datang lagi!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga