Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
tips memilih sabun cuci muka

Kulit Berjerawat Jangan Anggap Sepele, Ini Tips Memilih Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Kamu!

Expert Tips 22 Jan 2024

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan orang dewasa muda. Meski normal, jerawat yang meradang dan tidak ditangani dengan tepat bisa meninggalkan bekas berupa noda hitam atau bopeng. Beberapa kebiasaan, seperti memencet jerawat dan tidak menjaga pola makan juga dapat memperparah kondisi jerawat aktif.

 

Pertanyaan seputar mengapa jerawat bisa muncul pun kerap dilontarkan. Selain faktor genetik, terdapat beberapa hal yang membuat “tamu tak diundang” ini bisa datang kapan saja, seperti stres, terjadinya perubahan hormon, kebersihan kulit yang tidak dijaga dengan baik, dan penggunaan skincare yang tidak cocok di kulit. Berbicara mengenai skincare, penting diingat bahwa produk skincare dengan kandungan bahan-bahan yang bersifat komedogenik dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, skincare dengan bahan bersifat iritan, seperti scrub wajah dengan butiran yang kasar juga dapat mengiritasi kulit, menyebabkan jerawat, dan menimbulkan peradangan.

Tips Skincare untuk Kulit Berjerawat

Kulit berjerawat butuh perawatan yang gentle, mengingat kulit sedang berada dalam kondisi inflamasi dan tentunya lebih sensitif. Perawatan untuk kulit wajah berjerawat dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Selalu bersihkan wajah dengan metode double cleansing

Double cleansing wajib dilakukan, terlebih jika kamu memiliki acne-prone skin. Metode ini efektif menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari wajah sehingga meminimalkan risiko munculnya jerawat baru. Apakah double cleansing hanya dilakukan ketika kamu menggunakan makeup? Tentu tidak! Wajahmu akan tetap terpapar kotoran, debu, minyak, dan polusi dari lingkungan, sekalipun kamu tidak menggunakan kosmetik dan hanya berada di dalam rumah.

  • Cuci muka dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat

Pilihlah face wash atau sabun cuci muka yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Umumnya, sabun cuci muka ini mengandung niacinamide dan salicylic acid. Cucilah muka secara teratur, yaitu dua kali sehari, terutama setelah melakukan aktivitas outdoor seharian.

  • Terapkan skin minimalism

Skin minimalism adalah konsep perawatan kulit yang berfokus pada penggunaan produk skincare yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit. Risiko terjadinya reaksi alergi dan iritasi pada kulit pun lebih minim. Skin minimalism untuk kulit berjerawat dapat diterapkan dengan penggunaan basic skincare yang meliputi cleanser, face wash, toner, dan moisturizer. 

  • Gunakan obat totol jerawat

Obat totol jerawat adalah salah satu jenis produk perawatan kulit yang digunakan untuk mengobati jerawat yang sudah muncul. Obat ini mengandung berbagai bahan aktif, salah satunya salicylic acid yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Untuk menggunakannya, pastikan kulit wajah dan tanganmu sudah bersih, lalu oles tipis obat totol pada jerawat atau bekasnya.

Tips Memilih Sabun Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat

Face wash atau sabun cuci muka memainkan peran penting dalam mengatasi jerawat membandel. Pemilihan sabun cuci muka yang tepat dapat membantu membersihkan kulit secara total, menghilangkan minyak berlebih, dan melawan bakteri penyebab jerawat. Oleh sebab itu, pemilihannya tidak bisa dilakukan asal-asalan.

 

Nah, jika kamu adalah seorang acne fighter, maka beberapa tips memilih sabun cuci muka untuk acne-prone skin berikut ini bisa kamu catat dan jadikan pertimbangan dalam membeli produk yang tepat.

 

  • Pilih sabun cuci muka yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Sabun cuci muka ini biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mengatasi jerawat, seperti niacinamide dan salicylic acid. Dengan bahan-bahan aktif ini, pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yaitu Propionibacterium acnes pun dapat terhambat.
  • Bacalah label produk dengan cermat untuk mengetahui kandungan produk tersebut. Hindari memilih sabun cuci muka dengan kandungan bahan yang dapat menyumbat pori-pori, seperti minyak mineral, lanolin, dan petrolatum.
  • Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, pilihlah sabun cuci muka yang berlabel hypoallergenic. Sabun cuci muka hypoallergenic biasanya tidak mengandung bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit, seperti pewangi, alkohol, maupun pewarna, serta memiliki pH yang seimbang, yaitu sekitar 5,5.
  • Pilih sabun cuci muka yang bertekstur halus dan lembut di kulit, mengingat kulit berjerawat cenderung lebih sensitif. Penggunaan sabun cuci muka yang bertekstur kasar berpotensi mengiritasi kulit dan memperparah kondisi jerawat.
  • Penggunaan sabun cuci muka dengan kandungan moisturizer atau pelembap sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat. Penggunaan sabun cuci muka yang terlalu keras dapat menghilangkan minyak alami dari kulit, sehingga kulit menjadi kering dan lebih rentan terhadap jerawat. Oleh sebab itu, keberadaan kandungan pelembap dalam sabun cuci muka menjadi sangat penting untuk mencegah kulit menjadi kering.

Basmi Total Jerawat Membandel dengan Dermies Clear Me Cleanser Scrub Facial Wash

Sabun cuci muka dengan scrub memang tidak begitu direkomendasikan untuk kulit berjerawat. Namun, jika scrub pada sabun cuci muka tersebut bertekstur halus, lembut di kulit, dan memang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi jerawat, maka pemakaiannya aman untuk kulitmu. Salah satu sabun cuci muka dengan butiran scrub halus yang efektif membasmi jerawat adalah Dermies Clear Me Cleanser Scrub Facial Wash.

 

Dermies Clear Me Cleanser Scrub Facial Wash mengandung empat bahan aktif, yaitu niacinamidelactic acid, salicylic acid, dan kiwi mugwort extract yang membantu mengurangi jerawat tanpa membuat kulit kering.

  • Niacinamide: Mampu melembapkan kulit, mengatur produksi sebum, dan mencerahkan kulit.
  • Lactic acid: Menjaga kelembapan kulit dan membantu regenerasi sel-sel kulit mati.
  • Salicylic acid: Menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes.
  • Kiwi mugwort extract: Mampu mengatasi beberapa masalah kulit, seperti dermatitis atopik, kulit kering, dan gatal.

 

Sabun cuci muka ini bersifat antiinflamasi, sehingga efektif mengurangi peradangan pada kulit jerawat. Nah, untuk hasil yang maksimal, gunakan Dermies Clear Me Cleanser Scrub Facial Wash dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Cara menggunakannya juga sangat praktis. Tuangkan secukupnya pada telapak tangan yang basah dan gosok hingga berbusa. Setelah itu, usapkan pada wajah dan pijat-pijat dengan lembut. Terakhir, bilas hingga bersih.

 

Tunggu apa lagi? Beli Dermies Clear Me Cleanser Scrub Facial Wash di e-commerce favoritmu dan dapatkan kulit sehat bebas jerawat!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga