Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
Kulit Iritasi

Kulit Iritasi: 5 Cara Mudah Mengatasinya

Expert Tips 20 Jun 2023

Pernah mengalami kulit terasa gatal dan terlihat memerah? Bisa jadi kamu sedang mengalami kulit iritasi. Munculnya iritasi pada kulit memang mengganggu, tapi kamu tidak perlu cemas, kok! Sebab, iritasi kulit bisa disembuhkan. Di sini, kamu bisa cari tahu soal penyebab munculnya iritasi pada kulit, plus cara mengatasi kulit iritasi dengan mudah. Let’s check it out!

Penyebab Kulit Iritasi

Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya iritasi pada kulit. Kebanyakan disebabkan oleh faktor dari luar yang kemudian memicu reaksi dari dalam tubuh. Berikut adalah beberapa penyebab yang paling sering ditemukan.

1. Cuaca panas atau dingin

Salah satu penyebab kulit iritasi adalah karena faktor cuaca. Saat cuaca sedang terik, saluran keringat akan rentan tersumbat. Hal ini kemudian akan memicu munculnya gejala iritasi seperti kulit yang memerah dan terasa gatal.

Bukan hanya karena panas, suhu udara yang terlampau dingin juga bisa memicu iritasi. Ini karena saat suhu udara rendah, kelembapan pun menurun. Akibatnya, kulit akan terasa kering. Saat kulit kering, gejala iritasi akan lebih mudah muncul. Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu gunakan moisturizer yang sesuai dengan skin type kamu, ya!

2. Produk makeup dan skincare

Beberapa produk makeup dan skincare terkadang mengandung zat alergen yang akan memicu reaksi iritasi pada kulit. Kondisi ini bisa berbeda pada tiap orang. Misalnya, ada orang yang tahan dengan kandungan vitamin C, tapi ada juga yang tidak sehingga muncul gejala iritasi.

Kamu bisa mencegah hal ini terjadi dengan mengetes produk makeup dan skincare sebelum dipakai. Caranya, oleskan produk pada area belakang telinga. Diamkan beberapa saat, jika tidak muncul reaksi apa pun, maka produk tersebut aman. Namun, jika muncul reaksi, stop penggunaan produk.

3. Kulit yang kering

Kulit iritasi pada wajah biasanya disebabkan oleh dehidrasi (kurangnya kelembapan pada kulit). Saat kulit tidak mendapat kelembapan yang cukup, maka gejala iritasi pun akan lebih mudah muncul. Cara mencegahnya tak lain adalah dengan menggunakan moisturizer. Pastikan juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air 8 gelas setiap hari.

5 Cara Mengatasi Kulit Iritasi dengan Praktis

Jika kulit sudah terlanjur iritasi, kamu tidak perlu panik. Ada beberapa cara mengatasi kulit iritasi yang praktis dan bisa langsung kamu coba, di antaranya:

1. Gunakan kompres dingin

Kompres dingin akan membantu meredakan rasa gatal akibat iritasi. Ambil kain bersih dan kemudian rendam dalam air dingin. Selanjutnya, peras dan tempelkan pada area yang gatal. Diamkan selama 5-10 menit atau hingga rasa gatal menghilang.

2. Coba produk yang mengandung oatmeal

Kamu juga bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan oatmeal. Ini karena oatmeal merupakan salah satu bahan anti-virus alami yang dapat meredakan reaksi iritasi. Bukan cuma itu, oatmeal juga punya kandungan pati serta beta glukan yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Jika kesulitan mencari skincare dengan kandungan oatmeal, kamu bisa mencoba cara alaminya. Tidak sulit, kok! Kamu cukup menyiapkan oatmeal dan kemudian rendam dalam air matang. Setelah oatmeal menjadi lembek, segera oleskan pada area yang iritasi. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk memberikan efek soothing yang melembapkan kulit.

3. Hindari menyentuh kulit

Salah satu gejala kulit iritasi adalah munculnya rasa gatal. Namun, sebaiknya kamu tidak menggaruk bagian kulit yang gatal tersebut, ya! Sebab, menggaruk justru akan memperparah iritasi karena dapat menimbulkan luka yang dapat menjadi tempat masuknya bakteri atau virus.

4. Oleskan lidah buaya

Untuk meredakan rasa gatal saat kulit iritasi, kamu bisa gunakan bahan-bahan alami yang dapat memberikan efek menenangkan (soothing effect). Salah satu bahan alami yang bisa dipilih adalah lidah buaya. Dalam lidah buaya terdapat zat anthraquinones yang merupakan anti-inflamasi alami sehingga dapat meredakan rasa gatal dan ruam merah akibat iritasi.

5. Gunakan pelembap yang sesuai skin type

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penyebab utama iritasi adalah karena kulit mengalami dehidrasi. Untuk menjaga hidrasi kulit dan mencegah kulit iritasi, gunakan pelembap yang sesuai dengan skin type. Oleskan pelembap di area kulit yang terasa kering. Untuk pencegahan, jangan lupa gunakan pelembap setelah mandi dan sebelum pergi tidur.

 

Cara mengatasi kulit iritasi sama sekali tidak sulit. Selain penggunaan bahan alami, kamu juga disarankan untuk rutin pakai pelembap yang memang dirancang khusus bagi pemilik kulit iritasi, seperti Dermies Comfort You Skin Barrier Rehab Cream. Diperkaya dengan Inflammatory dan Skin-soothing Agent, Dermies Comfort You Skin Barrier Rehab Cream dapat membantu menenangkan kulit yang kemerahan dan mengalami iritasi ringan.

Tak cuma itu, adanya kandungan Ceramide, Shea Butter, dan Muru-muru Butter juga membuat produk satu ini mampu merawat skin barrier sekaligus melembapkan kulit wajah. Bahkan kelembapan kulit wajahmu bisa langsung meningkat setelah 2 jam pemakaian, dengan kelembapan yang bakal terjaga hingga 8 jam! Cocok banget, kan, untuk kulit kering dan sensitif?

Jadi, tunggu apa lagi? Dengan berbagai kandungan dan manfaat yang telah disebutkan, Dermies Comfort You Skin Barrier Rehab Cream dapat menjadi solusi efektif untuk meredakan masalah kulit iritasi. Kamu bisa mendapatkan produknya di sini, ya!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga