Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
waktu pemakaian sabun cuci muka

Perlukah Cuci Muka di Pagi Hari? Ini Waktu Pemakaian Sabun Cuci Muka Paling Tepat!

Expert Tips 04 Mar 2024

Cuci muka menggunakan face wash atau sabun cuci muka adalah salah satu rutinitas perawatan kulit yang wajib dilakukan setiap hari. Selain mengangkat minyak dan kotoran, cuci muka juga membuat produk skincare seperti pelembap dan serum lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Meski dilakukan setiap hari, waktu yang tepat untuk cuci muka harus tetap diperhatikan untuk menghindari kerusakan pada kulit.

Kapan Waktu Pemakaian Sabun Cuci Muka Paling Tepat?

Terkait waktu yang tepat untuk cuci muka menggunakan face wash, jawabannya sebenarnya tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kulit, kondisi lingkungan, dan aktivitas sehari-hari. Namun, secara umum, waktu pemakaian sabun cuci muka yang paling baik adalah pada pagi dan malam hari. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Pagi hari, sebelum memulai aktivitas

Selama tidur, wajah kita tidak sepenuhnya "istirahat". Kulit akan tetap memproduksi minyak yang tercampur dengan debu, sisa produk skincare malam, dan mungkin sedikit gesekan dari bantal. Hal tersebut bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam, bahkan menimbulkan komedo atau jerawat jika tidak dibersihkan dengan baik.

 

Cuci muka sebelum memulai aktivitas juga membuatmu lebih fresh menjalani hari. Selain itu, mencuci muka dengan face wash pada pagi hari membuat kulit “siap” untuk menyerap produk skincare pagi, seperti pelembap, serum, dan sunscreen. Produk-produk ini akan bekerja lebih optimal jika tidak terhalang oleh kotoran dan minyak yang menumpuk. Perlu diingat bahwa kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah bisa memicu iritasi, kemerahan, dan jerawat.

  • Malam hari, sebelum tidur atau setelah beraktivitas

Cuci muka pada malam hari, tepatnya sebelum tidur atau setelah beraktivitas dapat membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Selama beraktivitas seharian, wajah kita terpapar berbagai macam kotoran, termasuk debu, polusi, minyak, dan sisa makeup. Kotoran dan minyak yang menumpuk di kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya.

 

Setelah dibersihkan, kulit wajah yang dalam keadaan bersih akan “siap” menyerap produk skincare malam, seperti pelembap, serum, krim malam, dan sleeping mask secara lebih optimal. Cuci muka sebelum tidur juga mencegah penuaan dini. Penuaan dini lebih cepat terjadi jika kotoran dan minyak terus-terusan menempel di wajah karena lama-kelamaan akan merusak sel-sel kulit. Selain itu, cuci muka setelah beraktivitas seharian juga dapat membantu menenangkan pikiran dan membuatmu merasa lebih rileks saat tidur.

Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Menghilangkan Jerawat

Memiliki acne-prone skin tentu mengharuskanmu untuk ekstra hati-hati dalam merawat kulit. Kesalahan dalam melakukan skincare routine untuk mengatasi kulit berjerawat justru akan berujung pada iritasi dan peradangan, termasuk saat mencuci muka dengan face wash. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat tanpa menimbulkan masalah kulit baru.

  • Cuci tangan sebelum membersihkan wajah

Sebelum mencuci muka, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri dari tangan ke wajah.

  • Angkat minyak dan kotoran membandel dengan pembersih berbasis minyak

Membersihkan wajah dengan cleanser berbasis minyak efektif menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari wajah untuk meminimalkan risiko munculnya jerawat baru. Tidak hanya wajib dilakukan saat memakai makeup, ketika tidak memakai makeup dan hanya berada di rumah pun, kamu harus melakukan tahapan ini. Gunakanlah cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water yang cocok dengan kulitmu.

  • Basahi wajah dengan air hangat

Basahi wajah dengan air hangat sebelum menggunakan face wash. Air hangat dapat membantu membuka pori-pori wajah secara lembut, membuat kotoran dan minyak lebih mudah larut dan terangkat saat menggunakan sabun cuci muka. Air hangat juga dapat membantu merelaksasi otot wajah.

  • Gunakan sabun cuci muka secukupnya dan bilas sampai bersih

Tuangkan sabun cuci muka secukupnya pada telapak tangan. Secukupnya saja, jangan berlebihan. Setelah itu, usapkan sabun cuci muka pada wajah dengan gerakan memutar. Gerakan ini membantu membersihkan kotoran dan minyak dari pori-pori. Setelah dirasa cukup, bilas wajah dengan air mengalir hingga bersih. 

  • Keringkan wajah dengan handuk bersih yang lembut

Keringkan wajah dengan handuk bersih yang lembut secara perlahan. Hindari menggosok wajah dengan handuk karena dapat mengiritasi kulit. Namun, jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif, kamu dapat menggunakan tisu wajah bebas alkohol untuk mengeringkan wajah. Tisu wajah dapat membantu menyerap sisa air dan sabun cuci muka tanpa mengiritasi kulit.

Kontrol Minyak Berlebih dan Usir Jerawat Membandel dengan Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance

Kulit berminyak rentan terhadap jerawat karena produksi minyak yang berlebihan. Namun, kulit juga tetap membutuhkan minyak alami untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari kerusakan. Maka dari itu, sabun cuci muka dengan pH yang seimbang merupakan pilihan tepat untuk digunakan pemilik kulit berjerawat. Sabun cuci muka dengan pH yang seimbang dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak tanpa menghilangkan minyak alami kulit.

 

Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance adalah produk yang bisa kamu andalkan untuk mengontrol minyak berlebih dan mengatasi kulit berjerawat tanpa membuat iritasi. Pembersih wajah ini diformulasikan dengan tiga super ingredients.

  1. Salicylic acid yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  2. Zinc PCA yang membantu meregenerasi kulit, mengontrol produksi sebum, dan menghambat perkembangan jerawat.
  3. Moisturizer yang memastikan kulitmu tetap lembap dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

 

Kulitmu berminyak sekaligus sensitif? Tenang, Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance ini memiliki tekstur yang lembut sehingga aman digunakan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan sabun cuci muka ini pada pagi dan malam hari. Pastikan untuk mengikuti tata cara mencuci wajah yang tepat dan bilas hingga bersih, ya! Pemakaian produk secara rutin akan membuat kulit terasa lebih bersih bebas jerawat, lebih cerah, dan terasa lebih kenyal. Gunakan rangkaian Dermies Clear Me lainnya, seperti Dermies Clear Me Clay Mask dan Spot Care jika kulitmu sedang mengalami peradangan akibat jerawat.

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga