Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
penyebab timbulnya jerawat punggung

Selain Hormon, Ini Penyebab Timbulnya Jerawat Punggung

Acne Care 05 Mar 2024

Keberadaan jerawat punggung kerap membuat kita tidak merasa nyaman. Tidak hanya saat beraktivitas, rasa gatal dan perih yang ditimbulkan juga sangat mengganggu waktu tidur. Jerawat yang muncul di area yang tertutup ini bahkan bisa membuat kulit teriritasi jika tidak ditangani dengan tepat. Untuk mengatasinya, tentu saja kita harus mengetahui apa saja penyebab timbulnya jerawat punggung.

Mengapa Timbul Jerawat di Punggung?

Sebenarnya, jerawat punggung merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Penyebab munculnya jerawat punggung yang paling umum adalah fluktuasi hormon, terutama pada remaja dan dewasa muda. Meski demikian, perlu diingat bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat di area punggung selain faktor hormonal. 

  • Keringat

Keringat bisa menyumbat pori-pori kulit. Ketika kamu berkeringat dan tidak membersihkan badan secara menyeluruh, maka keringat tersebut bisa bercampur dengan minyak dan sel kulit mati, sehingga menyumbat pori-pori kulit. Hal itu pula yang membuat orang dengan hiperhidrosis (kondisi yang ditandai dengan keringat berlebih) akan lebih berisiko mengalami jerawat punggung.

  • Kebersihan kulit dan lingkungan 

Kebersihan kulit sangat memengaruhi kemunculan jerawat di area punggung. Jerawat akan sangat mudah muncul di kulit yang kotor dan lembap akibat keringat. Kondisi tersebut membuat pori-pori menjadi tersumbat dan minyak yang menempel akan makin banyak. Selain itu, kondisi kebersihan sekitar kita juga dapat memicu munculnya jerawat punggung, contohnya adalah penggunaan pakaian dan seprai yang kotor.

  • Gaya hidup

Terlihat sepele, padahal faktor ini juga bisa menjadi pemicu munculnya dan makin parahnya kondisi jerawat punggung. Stres, durasi tidur yang kurang, dan pola makan yang tidak sehat adalah beberapa hal yang harus dihindari. Stres dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon androgen yang dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit. Sementara itu, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon kortisol yang juga dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit. Di sisi lain, pola makan yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan yang tinggi gula, lemak, dan karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

  • Keliru memilih produk body care

Penggunaan produk perawatan kulit atau body care yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat punggung. Produk body care yang mengandung minyak atau bahan kimia keras dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab jerawat.

Tips Mengatasi Jerawat Punggung

Atasi jerawat punggung dengan cara yang tepat untuk menghindari iritasi kulit. Tidak hanya mengandalkan treatment dari luar, kamu juga harus memperbaiki lifestyle-mu. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

  • Perbaiki gaya hidup dan konsumsi makanan sehat

Kelola stres dengan baik dan tidur yang cukup sangat membantu dalam mencegah timbulnya jerawat punggung. Konsumsi makanan yang bergizi dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Jaga kebersihan pakaian dan lingkungan sekitar

Ganti pakaian secara rutin, terutama jika kamu sedang berkeringat lebih intens daripada biasanya. Hindari juga menggunakan pakaian yang ketat karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit ketika bergesekan. Ganti bedding set dan handukmu secara berkala untuk menghindari penumpukan bakteri.

  • Mandi secara teratur dan gunakan scrub badan

Mandi dua kali sehari dapat membantu membersihkan kulit dari minyak, kotoran, dan keringat. Hal ini penting untuk dilakukan, terutama setelah berolahraga atau beraktivitas berat. Kamu bisa mandi dengan air hangat yang membantu membuka pori-pori kulit, sehingga minyak dan kotoran lebih mudah dibersihkan. Penggunaan scrub badan juga dapat kamu pertimbangkan karena efektif mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit.

  • Semprot jerawat dengan pimple body mist

Pimple body mist adalah produk perawatan kulit berbentuk semprotan yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat punggung. Pimple body mist biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan, dan mengangkat sel kulit mati.

Atasi Jerawat Punggung Tanpa Bikin Iritasi dengan Dermies Clear Me Pimple Body Mist

Jerawat punggung mengganggu aktivitas dan waktu istirahatmu? Daripada berujung iritasi, kamu bisa langsung menyemprotkan Dermies Clear Me Pimple Body Mist ke area punggung yang berjerawat! Berdasarkan uji in vivo, produk ini dapat menghilangkan jerawat hanya dalam waktu empat minggu. Pimple body mist ini diformulasikan oleh para ahli dermatologi dan dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit punggung, seperti jerawat, pori-pori yang tampak besar, iritasi ringan, dan kulit kering.

 

Kombinasi beberapa bahan aktif yang terdapat di dalam Dermies Clear Me Pimple Body Mist di bawah ini bekerja secara efektif dalam membasmi jerawat punggung yang membandel.

  • Asam salisilat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • Allantoin yang dapat meningkatkan barrier alami pada kulit dan membantu melembapkannya.
  • Blue lotus yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi.
  • Hyaluronic acid yang dapat melembapkan dan menghidrasi kulit.
  • Niacinamide yang dapat membantu mencerahkan kulit.
  • Aquaxyl yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

 

Gunakan pimple body mist ini pada pagi dan malam hari. Sebelum menyemprotkan produk ke kulit, pastikan kamu sudah mandi terlebih dahulu agar body mist lebih gampang diserap kulit. Semprotkan produk dari jarak 15 cm pada punggung atau area tubuh lain yang berjerawat dan tunggu sampai menyerap ke kulit.

 

Rawat dan sayangi kulit cantikmu dengan rangkaian perawatan kulit berjerawat dari Dermies Clear Me. Goodbye, jerawat punggung membandel!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga