Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
Urutan Mandi yang Benar Agar Tidak Jerawat Punggung

Sudah Tahukah Kamu, Urutan Mandi yang Benar Agar Tidak Jerawat Punggung?

Acne Care 19 Feb 2024

Tahukah kamu bahwa urutan mandi yang tidak benar ternyata juga bisa menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat punggung dan iritasi? 

Menjaga kebersihan kulit sangatlah penting, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga penampilan. Urutan membersihkan badan pun juga perlu diperhatikan, agar kamu dapat mengurangi potensi timbulnya masalah kulit seperti jerawat punggung.

Urutan Mandi yang Benar Agar Tidak Jerawat Punggung

Tidak hanya sekadar membasuh badan, sebenarnya ada urutan mandi yang bisa kamu praktikkan. Seperti apa? Yuk, simak di sini cara dan urutannya!

1. Keramas

Pertama-tama, kamu bisa mulai dengan keramas terlebih dahulu. Cucilah rambut dan bilas hingga bersih, lalu gunakan conditioner bila ada. Kamu direkomendasikan untuk keramas sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, seperti membersihkan badan atau cuci muka.

2. Membersihkan badan

Setelah keramas, kamu bisa membersihkan badan dengan sabun. Langkah ini berguna untuk membersihkan segala kotoran, kuman, dan bakteri dari tubuh kita. Kamu bisa menggunakan sabun batang atau sabun cair. Jika sudah, bilas hingga bersih supaya tidak ada sisa sabun yang menempel.

3. Cuci Muka

Setelah keramas dan membasuh badan, waktunya cuci muka. Pilihlah facial cleanser yang gentle atau ringan dan memiliki pH yang sesuai dengan kulit agar kulit wajahmu semakin terjaga kesehatannya.

4. Eksfoliasi

Untuk mencegah masalah seperti jerawat punggung, kamu direkomendasikan untuk eksfoliasi rutin, setidaknya 2-3 minggu sekali. Eksfoliasi ini bisa dilakukan dengan produk-produk yang ada di pasaran, atau dengan membuat sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah. Misalnya, kopi, oat, atau gula pasir.

6 Tips untuk mencegah jerawat punggung

Selain menerapkan urutan mandi yang benar, kamu juga bisa mencegah jerawat punggung atau back acne dengan cara-cara ini:

1. Menjaga kebersihan

Mandi secara rutin penting untuk mencegah menumpuknya kotoran, keringat, minyak, dan sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat punggung. 

Gunakanlah sabun yang ringan dan bebas pewangi untuk membersihkan area punggung, terutama setelah melakukan aktivitas berat seperti olahraga, atau setelah berkeringat.

2. Pilih produk-produk non-komedogenik

Pilihlah juga produk-produk bodycare yang bersifat non-comedogenic agar produk tersebut tidak menyumbat pori-pori di kulitmu. Sebelum membeli produk seperti sabun mandi, coba cek dulu daftar kandungannya dan gunakan produk yang cocok untuk kulit sensitif atau acne-prone.

3. Mandi setelah berkeringat

Setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga atau menghabiskan waktu di luar ruangan yang panas, segeralah mandi. Hal ini karena keringat dapat menyumbat pori-pori, yang kemudian bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

4. Eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Jika dilakukan secara rutin, eksfoliasi juga bisa bermanfaat mencegah munculnya jerawat punggung atau backne yang membandel.

Lakukanlah eksfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu. Hindari scrub yang bulirnya terlalu besar dan kasar karena berpotensi mengiritasi kulit dan memperparah jerawat.

5. Pakai pakaian berbahan breathable

Selain menjaga kebersihan, kamu juga perlu memperhatikan baju-baju yang kamu pakai. Pilihlah pakaian berbahan breathable seperti bahan katun.

Baju yang ketat dapat membuat badan jadi panas dan berkeringat, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat. 

Kamu juga disarankan untuk segera ganti baju apabila baju yang kamu gunakan basah, baik karena air atau karena keringat.

6. Hindari air yang terlalu panas

Mandi dengan air hangat memang menyenangkan, tapi hati-hatilah supaya air yang kamu gunakan tidak terlalu panas. Air yang terlampau panas bisa mengangkat minyak alami pada kulit, sehingga kulit jadi kering dan rentan terhadap iritasi.

Sebaiknya, gunakan air yang hangatnya suam-suam kuku dan hindari menghabiskan waktu terlalu lama saat mandi supaya kulit tidak kering.

7. Gunakan Pimple Body Mist dari Dermies Clear Me by ERHA

Selain menerapkan urutan mandi yang tepat, kamu juga bisa mencegah jerawat punggung dengan menggunakan Pimple Body Mist dari Dermies Clear Me by ERHA!

Body mist ini mengandung salicylic acid yang berfungsi sebagai eksfolian dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, zinc gluconate yang bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit, serta allantoin yang merawat skin barrier dan menjaga kelembapan kulit.

Cara penggunaannya juga mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan body mist dari jarak sekitar 15 cm dari punggung atau area yang berjerawat, tunggu hingga kering, lalu lanjutkan bersiap-siap seperti biasa. 

Itu dia urutan mandi yang benar agar tidak jerawat punggung serta tips mencegah back acne yang mengganggu. Perlu diingat bahwa kulit setiap orang berbeda-beda dan kamu mungkin perlu melakukan beberapa trial and error sebelum akhirnya menemukan produk atau rutinitas yang tepat untuk kulitmu.

Jika jerawat punggung yang kamu alami tak kunjung membaik, ada baiknya bila kamu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga