Clear Me Dermies By Erha
Clear Me Dermies By Erha Clear Me Dermies By Erha
sunscreen bikin jerawatan

Apa Benar Pakai Sunscreen Bikin Jerawatan? Lihat Faktanya di Sini!

Acne Care 23 Jan 2024

Konten mengenai penggunaan sunscreen memang makin marak dibuat oleh para content creator akhir-akhir ini. Video battle antar merek sunscreen, beredarnya hasil uji klaim SPF sunscreen, hingga kemunculan sunscreen jenis baru makin sering berseliweran di media sosial. Beberapa merek sunscreen bahkan memperbarui formulanya dan disesuaikan dengan jenis kulit konsumen. Meski demikian, beberapa orang mengalami ketidakcocokan dalam menggunakan sunscreen karena kulit menjadi berjerawat setelah memakainya.

Mengapa Kita Harus Memakai Sunscreen? Apa Manfaat Sunscreen untuk Kulit Wajah?

Sinar matahari terdiri dari berbagai jenis, dua jenis sinar yang paling berbahaya bagi kulit adalah sinar UVA dan UVB. Paparan berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, hingga kanker kulit. Bukan tren kecantikan, pemakaian sunscreen ini justru investasi kesehatan kulit dan tubuh jangka panjang agar kita terhindar dari bahaya sinar UV.

 

Selain mencegah kulit menjadi gelap akibat paparan sinar matahari, penggunaan sunscreen juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya.

  • Mencegah penuaan dini

Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin, yaitu protein yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, garis halus, dan bintik hitam. Sunscreen dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dengan melindungi kolagen dan elastin dari kerusakan. Paparan sinar UV juga dapat meningkatkan produksi radikal bebas, sehingga risiko kerusakan kulit juga ikut meningkat. Dengan sunscreen, kulit dapat terlindungi dari radikal bebas, sehingga memperlambat proses dan kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

  • Menurunkan risiko kanker kulit

Sinar UV dapat menyebabkan mutasi DNA sel kulit yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Mengaplikasikan sunscreen yang tepat pada area kulit yang terpapar matahari, termasuk wajah tentu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan DNA, sehingga risiko kanker kulit akan lebih minim.

  • Meratakan warna kulit

Sunscreen tidak hanya dapat mencegah timbulnya noda hitam pada wajah, tetapi juga dapat membantu meratakan warna kulit akibat hiperpigmentasi, seperti yang terjadi setelah kulit terluka atau kemunculan jerawat yang menimbulkan bekas.

Apakah Benar Pakai Sunscreen Bikin Jerawatan?

Sebenarnya, penggunaan sunscreen tidak akan memicu jerawat selama kamu memilih produk yang tepat dan tahu cara menggunakan sunscreen yang benar. Perlu diketahui bahwa sunscreen dengan kandungan lipid dan minyak yang tinggi cenderung lebih berpotensi menyumbat pori yang pada akhirnya menimbulkan jerawat. Selain itu, kandungan bahan tambahan seperti pewangi dan pewarna dalam sunscreen bisa mengiritasi kulit sensitif dan memicu kemunculan jerawat. Beberapa sunscreen, terutama jenis aerosol umumnya mengandung alkohol yang dapat membuat kulit menjadi kering dan memperburuk kondisi kulit berjerawat.

 

Penggunaan sunscreen yang tidak tepat juga dapat menyebabkan jerawat. Sunscreen yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, pastikan untuk membersihkan wajah dengan metode double cleansing sebelum tidur untuk menghilangkan sisa-sisa sunscreen.

Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Untuk meminimalkan risiko timbulnya jerawat akibat penggunaan sunscreen, kamu harus selektif dalam menentukan mana sunscreen yang cocok dengan kondisi kulitmu. Berikut ini beberapa panduan dalam memilih sunscreen untuk kulit berjerawat.

  • Hindari sunscreen yang mengandung SPF terlalu tinggi

Pilihlah sunscreen dengan SPF 15 atau 30. Perlu diketahui bahwa sunscreen yang SPF-nya lebih tinggi cenderung memiliki tekstur yang lebih kental, sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Tersumbatnya pori-pori dapat memicu munculnya jerawat dan komedo.

  • Perhatikan tekstur sunscreen

Sunscreen tersedia dalam berbagai jenis dan tekstur, mulai dari lotion, krim, gel, hingga spray. Pilihlah tekstur sunscreen yang sesuai dengan preferensi dan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit berminyak, pilihlah sunscreen dengan tekstur yang ringan dan berlabel non-comedogenic. Jika kamu memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen dengan tekstur yang lebih kental dan mampu melembapkan.

  • Lakukan patch test sebelum digunakan secara rutin

Sebelum menggunakan sunscreen secara rutin, lakukanlah patch test terlebih dahulu. Oleskan sedikit sunscreen di area kulit yang kecil dan tertutup, seperti di belakang telinga atau di lengan bagian dalam. Tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau iritasi. Jika tidak ada, maka kamu dapat menggunakan sunscreen tersebut secara rutin.

  • Pilih sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat

Agar lebih aman, kamu bisa langsung memilih jenis sunscreen yang memang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Sunscreen ini umumnya memiliki beberapa karakteristik, seperti non-comedogenic, oil-free, bertekstur ringan, dan tidak menimbulkan alergi atau iritasi.

Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen, Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Dengan memilih sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat, kamu dapat melindungi kulit dari sinar matahari tanpa khawatir jerawat akan muncul atau kondisi jerawat aktif menjadi makin parah. Untuk urusan satu ini, kamu bisa mengandalkan Dermies Clear Me Acne Smooth SunscreenSunscreen ini dapat menyerap dan mengontrol produksi minyak berlebih, menghambat pertumbuhan jerawat, serta menyamarkan tampilan pori-pori kulit wajah.

 

Sunscreen dengan SPF 30 PA++ ini memiliki tekstur yang ringan, mudah menyerap, dan tidak menimbulkan white cast. Kandungan salicylic scid di dalamnya dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat dan zinc gluconate-nya efektif membantu mengurangi produksi sebum berlebih pada wajah. Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen juga dapat memberi proteksi pada kulit wajah terhadap kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari seperti penuaan (keriput dan garis halus), hiperpigmentasi, sunburn, maupun inflamasi, serta membantu eksfoliasi kulit wajah pada permukaan dan pori-pori. Untuk menggunakannya, cukup mengoleskan produk secara merata pada wajah 15 menit sebelum melakukan aktivitas luar ruang dan ulangi pemakaian apabila berkeringat.

 

Tertarik mencoba Dermies Clear Me Acne Smooth Sunscreen? Segera temukan produk ini di e-commerce kesayanganmu! Selalu lindungi kulitmu dari bahaya sinar UV tanpa harus khawatir jerawat akan datang lagi!

Clear Me Dermies By Erha

Baca Juga